Beranda | Artikel
Rasa Takut Kepada Allah
Rabu, 31 Agustus 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Rasa Takut Kepada Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 1 Safar 1444 H / 29 Agustus 2022 M.

Rasa Takut Kepada Allah

Rasa takut kepada Allah bisa mencegah orang dari semua keburukan dan bisa mendorong orang kepada semua kebaikan. Ini diambil dari kisah dua putra Adam. Yakni dari perbuatannya Habil yang tidak mau membalas kelakuan Qabil yang hendak membunuhnya.

Allah berfirman tentang perkataan Qabil:

…قَالَ لَأَقْتُلَنَّكَ…

“Aku akan membunuhmu.” (QS. Al-Ma’idah[5]: )

Kemudian Habil berkata:

لَئِن بَسَطتَ إِلَيَّ يَدَكَ لِتَقْتُلَنِي مَا أَنَا بِبَاسِطٍ يَدِيَ إِلَيْكَ لِأَقْتُلَكَ ۖ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ رَبَّ الْعَالَمِينَ ‎﴿٢٨﴾‏ إِنِّي أُرِيدُ أَن تَبُوءَ بِإِثْمِي وَإِثْمِكَ فَتَكُونَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ ۚ وَذَٰلِكَ جَزَاءُ الظَّالِمِينَ ‎﴿٢٩﴾‏

“Seandainya kau gerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, aku tidak akan pernah menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah Rabb Alam Semesta.” (QS. Al-Ma’idah[5]: 28)

Habil tidak mau membalas perbuatan Qabil karena rasa takutnya kepada Allah. Orang yang takut kepada Allah tidak mungkin berbuat semena-mena. Dia tahu kalau Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak menyukai perbuatan dzalim dan pasti akan membalas. Habil ingin surga dan dia tahu bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala ridha kepada orang yang baik. Oleh karena itu dia berkata:

“Aku ingin engkau kembali dengan membawa dosa dengan membunuhku, selain itu kau juga bahwa dosa-dosamu, niscaya engkau termasuk penduduk api neraka, demikianlah balasan orang-orang yang berbuat dzalim.” (QS. Al-Ma’idah[5]: 29)

Rasa takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala menghalangi orang dari semua keburukan dan mendorong untuk berbuat semua kebaikan.

Demikian pula takut kepada Allah menghalangi seseorang dari berbuat zina. Kita lihat contohnya Nabi Yusuf ‘Alaihis Salam ketika digoda oleh wanita bangsawan yang cantik, banyak pengawalnya, pintu-pintunya telah ditutup, Nabi Yusuf ‘Alaihis Salam masih muda dan jauh dari kampungnya. Tentu ini semua menjadikannya sangat mudah untuk berbuat maksiat. Tapi karena takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dia tidak melakukannya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52078-rasa-takut-kepada-allah/